Tuesday, March 31, 2009

Adobe dan Facebook VS Microsoft dan MySpace

Facebook telah menjalin kerja sama dengan Adobe System untuk memudahkan pengembang, membawa teknologi Flash ke aplikasi social. Adobe telah memperkenalkan library client ActionScript 3.0 terbaru untuk menyediakan resource bagi pengembang yang mengguunakan platform Flash di Facebook dan product Facebook Connect. Adobe juga akan mempromosikan kemungkinan adanya integrasi Flash dengan API (Application Programming Interface) Facebok di website Facebook.

“Terdapat banyak tool yang dapat membantu developer untuk menyatukan platform tersebut bersama-sama.” ungkap Josh Elman, manager platform Facebook. Bagi developer yang sudah ahli dengan pengembangan Flash, maka dengan library client ActionScript 3.0 ini mereka dapat membuat sample dan dokumentasi yang lebih baik untuk situs mereka, tambah Elman.

Flash telah menjadi bagian penting dalam platform Facebook, khususnya 12 dari 20 aplikasi dalam Facebook telah menggunakan teknologi Flash tersebut. Library ActionScript 3.0 baru terssebut dapat dinikmati secara gratis dan bersifat open source, ditujukan untuk developer independent yang kurang ahli atau kekurangan resource ketika mengintegrasikan kode dari Facebook dan Flash.

Pengumuman di atas sekaligus menjadi saingan utama dari rival jaringan social Facebook, MySpace yang juga bekerja sama dengan Microsoft untuk membawa teknologi Silverlight ke dalam platform developer. Ironisnya, pihak Microsoft sendiri juga melakan investasi ke Facebook senilai $240 juta. Namun, Elman menjelaskan, bahwa Facebook dan Microsoft telah berbicara banyak hal sejak lama. Baik kerja sama Microsoft dan MySpace, juga Facebook dan Adobe Flash akan diulas dalam Web 2.0 Expo di San Fransisco, tanggal 31 hingga 3 April 2009

0 comments:

Post a Comment