Tuesday, March 31, 2009

Melihat lebih dekat Intel "Nehaleem" yang berbasis Xeon Seri 5500



Xeon 5500 series menjanjikan efisiensi dan kinerja yang lebih baik

Intel telah mempublikasikan seri Xeon terbaru untuk server dan workstation. Xeon seri 5500 yang sebelumnya telah dikenal dengan codename Nehalem-EP (Efisien Kinerja), dan berkaitan dengan Nehalem digunakan CPU Core i7 di desktop.

Seri 5500 yang mempunyai serangkaian fitur quad core 45nm yang dibangun menggunakan Hi-K metal gate teknologi, seperti yang ditemukan pada Core 2 Duo dan Core 2 Quad processors.  
Beberapa model menggunakan Intel Turbo Boost teknologi yang mengoperasikan satu core atau lebih di atas nilai frekuensi tertentu untuk mempercepat beban kerja. 
Misalnya, W5580 dapat di dukung dari 3,2 GHz hingga 3.33GHz, selama konsumsi daya dan panas masih dalam batas toleransinya. Intelligent Power technology is also used to reduce power consumption during low utilization periods by shutting down unused cores. Intelligent Power teknologi juga digunakan untuk mengurangi konsumsi daya rendah selama periode penggunaan dengan mematikan core yang tidak digunakan.

Hal ini dicapai melalui penggunaan Integrated Power Gates, yang memungkinkan core yang tidak digunakan (idle) akan dikurangi hingga hampr nol nilai-konsumsi daya. Intel mengklaim teknologi ini mampu mengurangi konsumsi daya hingga 10 watt, dibandingkan 16 atau 50 watt di-generasi sebelumnya dari Intel quad-core. Bisa dibilang Fitur ini untuk mengurangi konsumsi daya hingga 50 persen pada server dibandingkan dengan generasi sebelumnya dari dua prosesor socket server.

Xeon seri 5500 yang didukung oleh chipset Intel 5520, seri sebelumnya dengan CODEC Tylersburg-EP, tersedia dengan Intel 82599 Ethernet controller 10GB. Chipset ini dapat mendukung hingga 18 slot dari DDR3 DIMMs, dan mampu memanfaatkan sampai 144 GB dari memori DDR3 .

QuickPath Interconnects dan integrated memory controller dikatakan bisa meningkatkan lalu lintas antara kecepatan prosesor dan I / O pengendali bandwidth untuk aplikasi intensif. Chipset 5520 yang sedang digaungkan sebagai bukti-masa mendatang, dengan dukungan penurunan menjadi target ketika Westmere-EP Xeons tiba di Q2 dari tahun 2010.

Intel Pat Gelsinger, Senior Vice President dan General Manager Digital Enterprise Group, memberi pengenalan melalui presentasi Xeon 5500. The improvements in efficiency and performance were highlighted repeatedly. Pengembangan dalam efisiensi dan performa yang selalu menjadi pembahasan utamanya.

Dia mencontohkan Intel Xeon single core server seri 184 sejak 2005 sudah digunkanan dalam datacenter, sekarang adalah saatnya untuk penggantian.  Mereka dapat mengganti dengan Seri 184 Xeon 5500 untuk server berbasis kinerja 9x dengan memperoleh 18% pengurangan biaya energi per tahun. Atau, mereka bisa mengganti dengan seri 21 Xeon 5500 server yang akan memberikan tingkat kinerja yang sama, tetapi memberikan pengurangan 90% biaya energi per tahun. Mereka akan memperoleh payback dalam delapan bulan pemakain yang diperoleh dari penghematan komsumsi energi.

Datacenter Mengkonsumsi jumlah daya yang besar tidak hanya untuk server sendiri, tetapi juga untuk pendinginan dan kontrol kelembaban. Dimana Panas yang dihasilkan tidak hanya oleh CPU dalam Datacenter tersebut, tetapi ada juga yang dihasilkan oleh hard drive, routers, switches, dan UPS.

Intel Xeon seri 5500 diharapkan untuk pertumbuhan dalm komputasi dan virtualisasi. Dengan sasaran pengguna utama adalah perusahaan seperti eBay, Amazon, Microsoft, Google, Sun, dan Yahoo!. Perusahaan seperti OnLive juga diharapkan untuk menggunakan server ini untuk menyediakan layanan game dan hiburan kepada pelanggan.

Intel akan menunjukkan delapan-inti Nehalem-EX Xeon di Intel Developer Forum September nanti. Westmere server berbasis Xeon juga akan diperkenalkan tahun depan.

Untuk kinerja pada angka Intel terbaru prosesor server, Anda dapat melihat tinjauan dari AnandTech


0 comments:

Post a Comment