Sunday, March 29, 2009

Nanogenerator Memungkinkan Kita untuk mengisi ulang IPod maupun Ponsel kita melalui Gerakan tubuh.

Telah ditemukan metode yang dapat memberikan daya ke perangkat elektronik dari sumber gerakan.

Salah satu masalah terbesar dengan menjaga baterai ke dalam perangkat segudang dibebankan adalah cara untuk menghasilkan listrik yang diperlukan untuk mengoperasikannya. Di eluruh dunia sedang dilakukan pada metode baru menghasilkan listrik dari tenaga angin ke harnessing kekuatan gelombang laut.

Kelompok peneliti dari Georgia Institute of Technology telah mengumumkan sebuah terobosan baru satu hari yang dapat memberikan daya ke ponsel dan perangkat elektronik lainnya yang menghasilkan listrik dari aliran darah dalam tubuh.

Para peneliti telah melihat metode yang memungkinkan generasi konversi energi oleh getaran frekuensi rendah dari gerakan tubuh, denyut jantung, aliran darah, dan angin menjadi listrik. Penelitian ini menggunakan zinc oxide nanowires yang menghasilkan listrik ketika subyek bergerak.

Nanowires berukuran sangat kecil sekitar 1/5000th dari diameter rambut manusia dan tentang 1/25th panjang dari rambut manusia. Menurut peneliti yang bernama Zhong Lin Wang dari Georgia Institute of Technology, nanowires yang dapat tumbuh pada bahan-bahan seperti logam, keramik, Polimer, dan pakaian.

Komentar Wang kepada MSNBC, "Penelitian ini akan memiliki pengaruh besar terhadap teknologi pertahanan, pemantauan lingkungan, dan bahkan ilmu Biomedical elektronik pribadi."

Wang melihat teknologi yang diintegrasikan ke dalam pakaian militer di mana listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk memberikan daya pada perangkat di lapangan seperti radio dan alat penglihatan dimalam hari.Nanowires yang juga bisa digunakan untuk daya biosensors yang ditanamkan di bawah kulit.

Wang berkata, "Dengan kata lain, teknologi ini dapat digunakan untuk menghasilkan energi dalam kondisi apapun selama ada gerakan." Wang dan timnya dari penelitian didanai oleh DARPA.

Kelompok pelajar dari MIT baru-baru ini juga mengumumkan perkembangan shock breker untuk kendaraan yang menggunakan gerakan atas dan bawah ketika berkendara untuk menghasilkan listrik. Shock absorbers dari jenis ini dapat digunakan di masa depan kendaraan hibrid listrik atau untuk meningkatkan daya listrik waktu berjalan.

0 comments:

Post a Comment